Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 19 Februari 2013

Patung Buddha Raksasa di 3 Kota Indonesia


Ingin melihat patung Budha dengan ukuran raksasa? Kalau ingin maka cara cukup datangi saja kota-kota di bawah ini. Tak kurang di empat kota di Indonesia mempunyai patung Budha dengan posisi tidur, bisa dikatakan istimewa karena tidak semua negara di dunia ini memiliki patung Budha dengan ukuran raksasa.

Patung Buddha Mojokerto
Konon patung Budha yang ada di Kota Mojokerto adalah yang terbesar se-indonesia dan terbesar ketiga di dunia setelah patung serupa di Thailand dan Nepal. Patung ini berada di berada di Vihara Majapahit, Jl Candi Brahu Gang I, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Ukurannya cukup besar, dengan warnanya yang  keemasan patung ini memiliki panjang 22 meter, lebar 6 meter, dan tinggi 4,5 meter. Patung Buddha tidur merupakan patung yang menggambarkan Buddha telah berada pada tingkatan tertinggi, yaitu mencapai nirwana. Pada patung, terlihat Buddha menopang kepalanya dengan tangan tangan yang menandakan peristirahatan. Tangan kanan disamping tubuh juga menggambarkan Buddha telah mencapai nirwana.

Patung juga dibuat menghadap ke arah selatan yang dianggap kiblatnya umat Buddha. Selain melihat kemegahan patung Buddha tidur, pengunjung yang datang juga bisa melihat miniatur Candi Borobudur di areal Maha Vihara Majapahit ini. Patung kera sakti, dan beberapa patung tokoh-tokoh dalam cerita Budha juga menarik untuk dilihat. Di dinding belakang bangunan utama terdapat relief-relief besar yang menceritakan Budha sedang mengamalkan ajarannya.

Patung Buddha Malang
Masih di Jawa Timur, Patung Buddha tidur juga dapat ditemui di Kota Malang, tepatnya berada di  Vihara Dhammadipa. Di sana, Anda bisa melihat Patung Buddha tidur yang tak kalah megahnya dengan yang ada di Mojokerto.

Vihara Dhammadipa atau biasa disebut Padepokan Dhammadipa Arama biasa dijadikan sebagai tempat meditasi umat. Selain itu, vihara ini juga memiliki replika Pagoda Shwedagon yang ada di Myanmar. Patung Buddha terletak di dalam Vihara. Jika berjalan terus ke arah belakang padepokan, ada satu pemandangan menakjubkan yang bisa turis lihat, patung Buddha tidur. Sama seperti yang ada di Maha Vihara Mojopahit, patung Buddha tidur di Malang juga dicat emas. Benar-benar istimewa karena tidak semua vihara memiliki patung Buddha tidur

Patung Buddha Semarang 
Nah, yang ketiga ada Patung Buddha yang berada di sebuah Pagoda Watugong yang letaknya di Jl Perintis Kemerdekaan, Semarang. Patung itu berada di sebelah kanan Pagoda dengan posisi sedang tidur. Suatu keunikan tersendiri karena Patung Buddha sedang tidur tidak dapat Anda lihat di setiap vihara, karena patung ini melambang Buddha telah berada di tingkatan paling tinggi, yaitu mencapai pencerahan. Berbeda dengan patung Buddha yang dicat emas di Mojokerto dan Malang, patung Buddha tidur di Semarang berwarna cokelat untuk pakaiannya, dan tubuh tetap dengan warna emas. 

Pagodanya sendiri dinyatakan MURI sebagai pagoda tertinggi di Indonesia. Vihara Buddhagaya Watugong terletak 45 menit dari pusat Kota Semarang. Vihara ini memiliki banyak bangunan dan berada di area yang luas.

Bagian dalam pagoda berbentuk segi delapan dengan ukuran 15 x 15 meter. Mulai tingkat kedua hingga keenam dipasang patung Dewi Kwan Im (Dewi Welas Asih) yang menghadap empat penjuru angin. Hal ini bertujuan agar sang dewi memancarkan kasih sayangnya ke segala arah mata angin. Di Komplek Vihara juga terdapat cotage untuk para tamu menginap. Tepat di depan cotage terdapat Bangunan Dhammasala. Bangunan ini terdiri dari dua lantai, lantai dasar digunakan untuk ruang aula serbaguna yang luas dengan sebuah panggung didepannya sedangkan lantai atas untuk ruang Dhammasala.(berbagai sumber)